(2015) Sistem PPDB Kota Bandung 2015 SMPN/MTs Negeri Kota Bandung 2015 #1

Catatan : * sistem PPDB ini digunakan untuk tingkatan SD ke SMP
* Sistem PPDB bisa berubah setiap waktu. Pembahasan di bawah ini hanya untuk  gambaran saja.
* Mimin hanya sekedar share informasi saja . Kalau mau Tanya tentang sistem PPDB lebih lanjut, disarankan mendatangi guru BK ( Bimbingan Konseling) atau wali kelas.

SISTEM PPDB KOTA BANDUNG 2014 DAN PREDIKSI PG SMPN/MTsN KOTA BANDUNG 2015 #1


Tinggal menghitung hari Ujian Nasional untuk SD dilaksanakan. Wah, gimana nih persiapan adek-adekku yang masih polos nan imut untuk menghadapi UN nanti ? Sekedar info basa-basi ya, mimin ngasih tau tips kalau nanti malam UN diusahakan jangan belajar larut malam, justru itu yang ngebuat adik-adik jadi ngantuk pas ngerjain soalnya. Lah, terus kak,kapan belajarnya ? Belajarnya tuh pas dihari hari libur kaya gini nih. Adik-adik mengerjakan dan membahas soal UN SD tahun lalu. Biasanya tipe soalnya ga jauh-jauh amat kok. Terus ya, saat malam sebelum UN, adik-adik juga harus melakukan evaluasi pelajaran. Misalnya, adik-adik besok mau UN pelajaran IPA, nah malamnya buka buku sebentar sekedar melihat materi yang adik-adik belum menguasai. Okey karena udah basa-basinya kita mulai yukz materinya. Cekidot~

I.            JALUR SELEKSI DAN KUOTA
Pada PPDB SMP/MTsN kota Bandung 2014 ada dua jalur seleksi yaitu jalur akademik dan jalur non akademik. Jalur non akademik terdiri dari Siswa yang memiliki prestasi, afirmasi keluarga miskin, atau yatim.
Jalur
Jenis
Kuota
Akademik
Akademik
Minimal 65% + limpahan kuota afirmasi yang tidak terpakai
Non Akademik
Afirmasi seperti kepada keluarga miskin, Yaitim Piatu/yatim, MoU.
20% (dapat lebih dengan pengajuan Kepala Sekolah/kasek)

Siswa berprestasi ( Olahraga, seni, Ilmu teknologi)
Maximal 5% (P)
Luar kota maximal 50%



·         Bila siswa yang sudah mendaftar ke SMP/MTs yang dituju, tidak diperbolehkan menarik kembali berkas pendaftarannya setelah database siswa di upload ke server BCC-WAN kota Bandung oleh sekolah.
·         Pendaftar luar kota TIDAK BOLEH melalui jalur afirmasi, hanya melalui kelompok jalur siswa berprestasi dan jalur akademik. Kuota jalur akademik maksimum 10%. Sekolah perbatasan dapat mengajukan kuota jalur akademik lebih dari 10%.


II.         JALUR AKADEMIK PPDB SMP/MTs
2.1 Calon peserta didik dari dalam Kota Bandung
o   Peserta didik dari dalam kota Bandung dibuktikan dengan alamat kelurahan KK  (Kartu keluarga ) orang tuanya, bukan berdasarkan SD (Sekolah Dasar).
o   Seleksi calon peserta didik SMP Negeri dilakukan secara otomatis dengan sistem PPDB Online dengan memperhitungkan kriteria utama yaitu nilai pada SKHUS.
o   Kewilayahan dan kuota luar kota hanya untuk PPDB SMP Negeri Kota Bandung, untuk MTs. MTs TIDAK DIBERLAKUKAN KEWILAYAHAN & KUOTA LUAR KOTA.
o   Setiap calon peserta didik dari kota Bandung berhak memilih dua pilihan SMP/MTs Negeri.
o   Pilihan ke 1, calon peserta BEBAS MEMILIH sekolah dari seluruh SMP di Kota Bandung. Jika pilihan ke 1 adalah SMP di wilayah alamat KK ( rayon) akan mendapatkan skor tambahan 1,36. Jika pilihan ke-1 adalah SMP diluar wilayah tempat tinggal, maka tidak mendapatkan skor jadi nilai siswa=total nilai US.
o   Untuk pilihan ke-2, calon peserta HANYA BOLEH MEMILIH sekolah di daerah / wilayah terdekat dengan tempat tinggal (sekolah berada paling jauh 2km dengan alamat tinggal pada KK). Contoh : Misal alamat KK di Suryalaya , berarti sekolah terdekat adalah SMPN 28 Bandung .



Contoh : Total SKHUN = 25,00

Sekolah pilihan di dalam wilayah intensif
Sekolah pilihan di luar wilayah
Pilihan 1
Nilai = 25,00 + 1,36 = 26,36 Nilai = Total SKHUN = 25,00
Pilihan 2
Nilai = Total SKHUN = 25,00
Tidak ada
2.2Calon peserta didik dari LUAR kota Bandung
Calon peserta didik baru dari luar Kota Bandung hanya diberikan satu pilihan SMP dari dari seluruh sekolah yang ada di kota Bandung dengan kuota jalur akademik maksimum 10%. Sekolah perbatasan dapat mengajukan kuota jalur akademik lebih dari 10%

Btw, udah malem nih, mimin mau tidur dulu yah :D nanti dilanjut besok yah di chapter 2. Dadah. Oyasuminasai ( Selamat tidur dalam bahasa jepang)~

#PPDB2014 #PrediksiPPDB2015 #PrediksiPassingGrade2015 #SistemPPDB #SekolahDasar #UjianNasional 

Comments

Popular posts from this blog

Naskah Drama Bahasa Inggris A Little Thing Called Love

SMA Negeri 22 Bandung 2015 (Preview)

Tips-Tips Buat Kalian yang Ingin Pergi ke Bali