EH ANJIR KULIAH DI BANDUNG MAHALLLL !!



Hasil gambar untuk kota bandung

sumber : travel tribun

KATA SIAPA HIDUP DI BANDUNG MAHAL ?

diperuntukkan : Untuk yang mau merantau ke Bandung, Mau tinggal di Bandung, Mau Kuliah di Bandung

Siang gais, setelah aku jarang nge blog lagi. Baru aja, beberapa menit yang lalu aku mood lagi untuk nge blog. Terus gue kepikiran buat nulis lagi. Dan terbesit lah pertanyaan salah satu teman saya. “ Eh shaf, emangnya di Bandung itu mahal ya biaya hidup? Aku mau kuliah di ITB tapi bisi ga keuangan L


Dan dari situlah aku berpikir untuk mengepost hal ini. Apalagi aku tau, masih banyak orang di luar sana yang ingin kuliah di bandung kan, tapi banyak takut-takutnya. Dan sekarang gue bakal Jawab Pertanyaan di atas semua. Check It Out !

Menurut gue yang udah berabad tahun tinggal di BAndung, yap memang Bandung konon katanya termasuk kota yang biaya hidupnya tinggi. Well, itu memang benar adanya. Tapi, kalau lo ikutin tips tips di bawah ini mungkin lo bakal berpikiran "Ternyata tinggal Di bandung ga mahal mahal amat deh"

1. CARI TEMPAT KOS YANG ENAK DAN TERJANGKAU

Buat kaka-kakaku sekalian yang ingin merantau ke Bandung dan sekaligus ingin menimba ilmu di ITB/UNPAD/UPI/DLL pasti khawatir kan buat tempat tinggalnya. So, masalah itu ga harus di khawatirin . Karena apa? di Kota Bandung setelah aku men survey-survey hasilnya biaya kostannya cuman 800-1,5 jt. Bahkan ada yang 500 kok. Kost-kostannya enak juga. Kamar Mandi di dalem, air bersih artesis, Kamar bersih, Ada tempat parkirnya, wi-fi area. Mantap bukan ? Kamu bisa mendapatkan kos-kostan dengan harga seperti itu hanya di daerah Kayu Agung,Buah Batu. Ga Percaya ? Kamu bisa langsung survey deh !

2. Di Bandung makanannya Mahal

Ih ini mah ke hoax kan yang sangat sangat. Percaya ga percaya di Kota Bandung tuh masih banyak yang murah. Yang bilang mahal tuh Kata siapa ? Mereun itu mah yang makannya juga di PVJ (Paris Van Java).
Aku nyaranin sih buat kaka kaka Yang mau kuliah di ITB, kaka kaka bisa nemuin warung nasi deket Salman-ITB. Disitu ada sederet tempat makan yang menurut aku harganya murah. But, ada satu syaratnya. Ya jangan gampang jorokan deh. Soalnya emang suka ada yang ngerokok, dan banyak pengamen juga di sana. Harga makanan berat 8000-20000. 

Buat yang kuliahnya masih di pusat kota, mungkin kamu bisa kunjungin tempat Warung Makan Ayam SPG di deket SMP 43 Bandung. Untuk alamat lebih lengkapnya kamu bisa menggunakan Google MAps atauWAZE. Harga yang ditawarkannya pun cukup murah. dengan mengocek saku sebesar 20 rb udah kenyang pisan.

3.  MAU MAKAN NASI PADANG ? TAPI CUMAN PUNYA 10 RIBU ? KALEM AJA< BISA KOK !

Yang terbesit di otak lu pada tentang nasi padang.
"Ya Allah, nasi padang malam malam gini enak ya, sambel hijaunya, ayam popnya, rendangnya, cincangnya, aduh daun singkongnya ni ngenah jigana. Eh tapi Aing bokek njir ! Ngan Boga duit 10 ribu. Yah inimah indomie rebus deui rebus deui !"

Wahai akang akang,teteh teteh. Sesungguhnya makan mie malam malam itu tidak baik. Karena apa? Karena akan mengganggu tetangga sebelah yang sama sama lapar di malam hari. Jadi sebenarnya aku cuman mau bilang. Di Kota BAndung tuh banyak tau Warnas Padang yang jual Paket 10 ribu. Isinya juga enak. Nasi+rendang=10 rb, Nasi+rendang+perkendel = 12 ribu, Nasi+Ayam pop = 10 rbu. Aku+Kamu = Kita (*Naon)...

mau tau di mana ? Kamu bisa mengunjungi War NAs Padang yang ada di Jalan JatiMulya ,Buah Batu Bandung. udah mah murah, si teteh penjualnya juga seksoyy ceng

4. Cari UNIVERSITAS YANG MURMER TAPI BERKUALITAS

*sesungguhnya saya tidak dibayar untuk melakukan promosi ini ya wankawan :))

Bandung di kenal dengan banyak Universitas Negeri terbaik di Indonesia. Yup, ITB, UNPAD, UPI merupakan univ terbaik menurut versiku tersendiri. Setiap masing masing univ, memiliki hal yang dibanggakan tersendiri.

     1. ITB
        ITB ( Institut Tambal Ban Teknologi Bandung ) yang berada di Jalan Tamansari             emang nge hitz banget cuy ! Orang udah beranggapan yang masuk sini pasti orang           yang berotak encer, merupakan bibit bangsa, dan pastinya akan langsung di terima        di perusahaan mana saja. Tapi, percayalah itu sebuah kemitosan haqiqi. Tidak semua        yang ber S1 di Univ terbaik pun akan langsung kerja. Malahan ada pepatah bilang "          ABis S1, kau pengangguran!" Ga salah juga kok.
    
      Nah, di sini aku cuman mau bilang. Untuk kuliah di ITB, ortu kamu bisa mengocek 10-       13 juta. Tergantung mau milih apa kamu di ITB nya. Cuman sampai saat ini info yang       aku dapat, SBM-ITB ( Sekolah Bisnis Manajemen) lah yang paling mahal biayanya.           ITB mengandalkan jurusan seribu Teknik. Karena emang di sini ampir semuanya               berkaitan teknik. Karena hal itu, aku cuman mau kasih tau. Yang suka remed Fisika,         Langganan remed Kimia, apalagi ga bisa perkalian walau udah SMA, terus mau ke             ITB. Plis ini mah sadar diri:( Puguhan di ITB teh MAFIKI nya harus kuat.Karena             apa, di ITB bakal ada TPB ( Tes Potensi Belajar) selama setahun. Apa aja yang di           pelajarinya ? Yaitu Matematika, Fisika, Kimia secara dasar. Eits tapi tunggu.                   Dasarnya ITB itu beda ya kawan-kawan. Kalau menurut kalian Dasarnya Matematika       ITB itu perkalian. itu salah besar. nyatanya kamu akan belajar Kalkulus.



     2.UNPAD
     UNPAD sendiri berlokasi 2. Ada yang di Dipatiukur Bandung, ada yang di JatiNAngor. Unpad dikenal dengan kampus IPS. KArena emang di sana banyak jurusan IPS nya. Dan AKredetasinya pun bagus bagus. Sayangnya jurusan yang nge hitz hitz kaya kedokteran, fmipa, hukum semuanya ada di Jatinangor. Jadi kita harus nge kost di sana juga. Untuk biaya kos kosan di Jatinangor katanya mah 1,5-2 juta. tapi aku belum survey lagi. Soalnya jauh teuing euy kesananya. 
    
     Walau begitu, Untuk kuliah di UNPAD tidak harus mengeluarkan kocek mahal. 7 juta terakhir kali aku liat di buku panduan Universitas punya aku. Terus banyak yang bilang di UNPAD banyak cowo cowo ganteng wkkwk. Ya walau kenyataannya pas aku main ke UNPAD yang gantengnya ga ada. Entah pada menghilang gara gara aku main kesana. Atau emang cuman hoax kalau di UNPAD cowoknya ganteng ganteng. ehhehe

     Unpad pun menyediakan Wifi dengan kecepatan yang sangat WOW ! Kamu kamu yang suka main dota atau suka donlod drama korea cocok beuh masuk UNPAD. Selain itu Ekskul di UNPAD itu banyak banget. Dari ekskul yang Inti sampai Ekskul yang abstrak pun ada di sana wkkw. Kamu kamu yang jomblo tuh bisa deh masuk UNPAD, terus buat Ekskul baru  dengan nama " Perhimpunan Mahasiswa Korban PHP". Ga deng wkkwkw.


       3. UPI
  Yang mau jadi guru ? Ayo angkat tangannya. Nah buat kalian yang punya cita cita mulia seperti di atas. Bisa banget masuk ke UPI. Kualitas di UPi tidak kalah dari univ univ di atas kok. Buat kalian yang ga pernah ke UPI, ih nyesel banget. UPI itu luas ,apalagi mesjidnya Beuh ! Tergede di Bandung da. Udah mah bersih, Biayanya Murah. Kamu bisa loh kuliah di UPI dengan harga 3 jutaan. UPI juga ga bakal segan segan kasih kamu beasiswa kalau kamu nyatanya ga mampu. Kecuali kalau kasusnya kaya di bawah ini

Aku : "pak aku mau mengajukan beasiswa di UPI. Bisa kan ?"
Mamang UPI : " Oh iya silahkan. ADa surat keterangan tidak mampunya ?"
Aku : "Engga pak :( "
Mamang UPI : " Eh kumaha cenah, tadi katanya ga mampu kamu teh.."
Aku : " Iya pak, saya ga mampu. Ga mampu ngeliat dia sama yang lain.."
Mamang UPI : "mdajdhgsmsaxnadhajdk.....beep...mati"

NAh kalau kaasusnya kaya di atas mah jangan ya wahai kawan kawanku sekalian. Nanti kamu bisa di tajong.

But buat yang ga pengen jadi guru, kamu bisa kuliah juga kok di UPI. UPI itu menurut aku fleksibel ya hehe. Banyak jalan menuju kesuksesan gitu deh di UPI. di UPI itu ada dua. ada Kependidikan dan Non Kependidikan. Makannya nanti kalau mau masuk sini hati hati ya milih kode SBMPTN nya. lihat dulu Kependidikan atau Non Kependidikan.

Dan ada yang bilang di UPI COWOK COWOKNYA GA GANTENG. Eh ini mah salaah besar. tau ga ? cowok UPI ganteng ganteng siah jaman sekarang mah ga kaya dulu. *EHH. ga deng canda. tapi beneran. Serius, mirip mirip orang korea. Aduhaiii


===============================================================================

End Sekian deh tips tips yang mungkin bakal ngebantu atau mungkin ga ngebantu sama ssekali. Abis post ini AKu mau nge post Prakiraan Rata Rata Rapot untuk masuk SNMPTN. Oleh karena itu Stay Tune ya di blog ini :)) Jangan sampe kelwat info info berharganya. Taua ga berharga sama sekali.

Comments

  1. Terimakasih infonya lho ya, jadi ingin merantau ke bandung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama sama dik Ramdan. Semoga berhasil ya masuk PTN di Bandungnya hehe

      Delete
  2. Kak mau nanya, biasanya kalo biaya kosan kalo kuliah di UPI yang murah meriah di daerah mana ya kak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cari di daerah Sersan Bajuri atau terminal ledeng. Disitu banyak kosan murah de

      Delete
  3. ka, tempat spesifik kostan yg 500rb di mana kak alamatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu mau kuliah dimana dulu dek ? UPI/Unpad/ITB/Unpar/marnat atau mana ?

      Delete
  4. Ah cocok banget info nya yang buat ane yg mau pindah kerja ke bandung. Nuhun

    ReplyDelete
  5. Kak kalo untuk bangun usaha jilbab bagusny nyari kos di daerah manany bandung ya ?

    ReplyDelete
  6. Kak kos di sekitar UNPAD yang murah dimana ya???? Pengen ke UNPAD niiih

    ReplyDelete
  7. ka kalo kosan yang 500rb di daerah sekitaran unpad teh didaerah mananya ya? nuhun

    ReplyDelete
  8. Makasih tulisannya membantu banget, lagi cari review kuliah di Bandung nih terutama upi

    ReplyDelete
  9. Kakak kalau kost Putri yang sekitar 500 ribu di sekitar kampus ITB ada gak kak?

    ReplyDelete
  10. Uang saku + uang kos 2jt perbulan cukup, ngepas bgt, atau krg kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung sih. Pinter cari kost aja.tp setauku kost bnyknya pertahun byr nya yg perbulan udh jrg hrus cari bgt aja. Kalo 2jt biaya hidup doang menurutku udh cukup bgt asal bisa irit. Makan masak nasi sendiri trs gasering nongki.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Naskah Drama Bahasa Inggris A Little Thing Called Love

SMA Negeri 22 Bandung 2015 (Preview)

Tips-Tips Buat Kalian yang Ingin Pergi ke Bali