Cara Agar Lo bisa mencintai Jurusan di SMA : Part 1 Anak MIPA

                 





                     Setelah sekian lamanya, gue kaga post di blogger akhirnya tepat hari ini ananda menulis kembali sebuah coretan permasalahan anak SMA. Rasanya ringan banget otak gue, setelah seminggu mimin berperang dengan pelajaran. Bayangkan, gue yang ga suka Matematika, apalagi fisika dan dedemit pelajaran yang menyebalkan lainnya, entah bagaimana caranya, gue harus bisa tuh semua pelajaran. Kadang ada yang nanya, “Fir, lu kalau benci sama pelajaran IPA, why harus masuk jurusan IPA ? Kenapa ga bahasa atau IPS? “ . Bukannya apa-apa gais. Udah 3 kali gue ikut coba ujian minat dan jawabannya aku masuk ke jurusan IPA. Jujur ada rasa terharu biru sekaligus sesek di dada. Why, aing kudu ketemu si Fisika deui, si Kimia deui, belum Matematika. Tadinya, gue masih bisa berdamai dengan ntuh pelajaran. Tapi, mengapa tuhan aku berbeda. Bukan itu masalahnya. Tapi, mengapa tuhan gue harus dilahirkan di kurikulum tiga belas, padahal sekarang udah tahun 2015. Beribu cara dan logika aku lakukan agar bisa mencintai sepenuh hati untuk benar benar mencoba mengerti dan mencintai pelajaran Fisika, Kimia, dan Matematika serta anak buah laiinya. Dan Gais, akhirnya gue menemukan, gimana lo suka sama pelajaran IPA. Menurut gue, ini cara rada jitu. Gak bakal lama lama lagi gue berbasa basi. Langsung caw-in.

1. Lo harus BERUSAHA mencintai guru lo

        Yap, bagaimanapun siswa di Indonesia itu rata-ratanya kalau suka sama pelajaran sesuatu, karena ia suka dengan gurunya. Ada banyak unsur mencintai di sini. Mencintai itu tak harus memiliki. Jadi mencintai di sini adalah mungkin anaknya mencintai cara atau metode penyampaian materi dari guru tersebut.  Atau mungkin dia mencintai gurunya, karena ia sering memberi 5 soal PR saja, tapi beranak.  Jadi, intinya kalau lo ingin bisa Fisika lo harus mencintai sepenuh jiwa,raga,batin serta logika teruntuk guru fisika mu. Senyebelin-nybelin guru IPA mu toh, tetep lo harus mencintai dia. Anggap saja dia sebagai mantan terindahmu, calon pacar yang ga kesampaian, atau calon ibu/bapak mertua/besan.

2. Lo harus BERUSAHA mencintai rumus

        Rumus adalah key of science. Rumus itu adalah kunci sains. Coba sebutkan pelajaran sains yang mana, yang kaga pake rumus. Kimia ada rumusnya. Rumus mencari chemisty antara kau dan aku. #TeuAh. Fisika ada rumusnya. Mencari tekanan yang dihasilkan seseorang saat melihat mantannya dengan orang lain. #TeuAh. Matematika ada rumusnya juga. Rumus untuk mencari peluang antara kamu dan dia agak bisa pacaran tanpa ada orang ketiga. #TeuAh. Bahkan biologi yang pada dasarnya hapalan pun ada rumusnya. Rumus menghitung gen anak. Oleh karena itu, bagaimanapun kamu harus mencintai rumus. Misal, kamu bisa membuat rangkuman rumus di meja belajar lo, di seragam lo, di misting lo. Kalau lo lagi poop misalnya, coba lu sambil baca rumus fisika yang banyak bangeddd ituloh.

3. Buat langit-langit kamar lo, dengan rumus Integral

        Terdengar agak berlebihan, tapi ini katanya manjur loh gais. Kenapa, gue bilang ini bisa manjur sebab, ketika lo mau tidur nih, ototmatis tuh kepala liat ke atas. Saat, lo liat ke atas ototmatis lo jadi hapal rumus Fisika dengan sendirinya. Lo, malahan jadi ga bisa tidur dibuatnya. Karena, keburu ga nyaman dengan banyaknya rumus di langit-langit rumah lo wkwkwk.

4. Wujudkan rumus Fisika ke dalam kehidupan sehari-hari

        Anak IPA itu udah muak banget sama soal-soal yang sebenarnya ga perlu di kerjain karena ga ada gunanya ketika lo udah besar. Nih berikut soal yang menyebalkan dan membuat muak.

1.     Diketahui volume air pada gelas asalanya 50 mL. Lalu, seorang anak sengaja menumpahkannya sehingga volume pada air menjadi 30mL. Berapa Volume air yang ada di teko ibu ?
#Komentar Gue : Rasanya lucu ajah, ngapain tuh anak kaga ada kerjaan numpahin air. Coba kalau numpahin seluruh rasa cintaku untukmu kan rada rada ngakal lah. 

2.    Diketahui gaya yang timbul dari mobil A adalah 50N sedangkan gaya yang timbul dari mobil B adalah 150N. Berapa gaya yang timbul dari mobil C ?
#Komentar : Fisika mah ga nyambung. Balegan wee moal ketemua eta jawaban nepi ka mantan nikah sama firaun.

        Rasanya nih, kalau nemu soal gini sampai kiamat oun ga bakal ketemu jawabannya. Kadang soal sisika tuh ga nyambung sama yang diketahuinya. Nah makannya, agar kalian bisa mencintai fisika coba deh kalau di rumah iseng-iseng gitu ada air dalam teko lu tumpahin. Abis itu, lo coba hitung volume air sebelum dan sesudah di teko. Apa volume airnya berkurang/bertambah ? Atau lo coba, jatuhin buah durian tepat di atas kepala lo. Abis itu itung gesekan antara buah durian lo sama kepala lo. Nanti, lama kelamaan kalau lo terbiasa seperti  ini lama-lama jadi mencintai tuh hukum Fisika. Please believe it, Guys !

5. Print cita-cita yang kamu inginkan, lalu tempel di meja belajar lo

        Lo, pengen jadi dokter ? Atau jadi insyinyur? Pengen jadi pengajara ? atau pengen jadi pencuri kolor mitoha ? Lu print tuh semua cita-cita yang ingin lo gapai. Abis itu, kalau udah di print tempet di tempat yang sering kau kunjungi. Meja belaar ? atau meja makan, tempat tidur, atau di WC ? Bahkan di rumah mantan sekalipun. Karena dengan terbiasa lo jadi kepengen dan berusaha untuk mencintai basic pelajaran dari cita-cita lo.

6. Buat seperangkat papan tulis beserta alat tulisnya/ Coming soon

7. Buat sprei tempat tidur lo dengan rumus kimia/ Coming soon

8. Cat lah kamarmu dengan Sistem Tabel Periodik Unsur

        Walau terkesan anak TK banget. Tapi cara ini penuh dengan pesan yang tersirat dan tersurat. Karena sekilas temen temen lo ngira, kamar lo penuh dengan warna-warni dari Alphabet-. Padahal, yang lo rasakan itu adalah merupakan Tabel sistem periodik unsur. Dengan kek gitu, otomatis lo bisa mencintai kimia dalam semalam. #SumpahIniBohong.

        Okey Gagis. Mungkin sekian dari gue yang kek gini. Maaf bila ada kesalahan kata-kata.#NgucurinAirMataDarah.Mungkin gue juga bakal ilang dari dunia peradaban ini karena Psopangnosia aku. Jadi, aku harus belajar menghapal wajah wajah temanku. Di saat kalian menghapal rumus kimia/fisika/matematika. Gue harus menghapal wajah wajah temen gue. So sad. #MakannyaShafJanganKebanyakanNontonDrakorJadiWeKanKenaPsopagnosia.


Nih saking cintanya mimin sama kalian. Mimin kasih photo eksklusip suami aku. Biar kalian mencintai jurusan IPA. Jangan pernah merasa terbebani yah sama kerasnya pelajaran IPA.

BABAY..LOVE YOU ALL Para haters dan para shafiers <3 Saranghaeyo, Chuae, Hamsahamnida, Gommawo, Arigatou Gozaimasu..



Comments

Popular posts from this blog

Naskah Drama Bahasa Inggris A Little Thing Called Love

SMA Negeri 22 Bandung 2015 (Preview)

Tips-Tips Buat Kalian yang Ingin Pergi ke Bali