INI ADALAH PERJUANGAN!

Season 1 : Si manis SNMPTN yang mematikan semangatku

Hello Gais ! welcome back to my blog. Kali ini gue mau berbagi kisah perjuangan 45 gue dalam menempuh jenjang akademik gue. Gue cuman mau bilang, sejujurnya tulisan ini mungkin bisa bermanfaat, mungkin bisa juga engga. Lah lu tau kan, hidup gue itu faedahnya dikit banget, lebih ke abnormal gitu. Jadi kali ini gue mau cerita tentang usaha,doa,serta air mata yang sudah gue berikan untuk mendapatkan PTN. Ini adalah jalan terakhir gue sebelum gue masuk Swasta.Tanpa bacot lagi gue bakal ceritain langsung.

Hidup gue itu bisa dibilang selow tapi ambis. Gue seneng banget sama yang namanya pelajaran Biologi. Saking senengnya gue tuh beli kamus Anatomi Sobotta yang di pake anak kedokteran, dan Buku Champbell, masternya bukunya Biologi. Di saat yang lain cuman baca buku Biologinya dari Pemerintahan alias buku BOS, saya mah bacanya juga buku champbell. Kurang greget apa coba :(

Ribuan tes psikotes (ini boong sumpah :( gue cuman 3 kali ikut psikotes), salah satunya test di youtmanual.com . Dari situ gue tau bahwa passion gue tuh di bagian medis. Alhasil gue mikir kan, gue suka biologi, passion gue di medis juga, wahh ALhamdulillah nyambung nih. Passion dengan cita cita sejalan. Gue seneng banget dong pastinya.

Akhirnya gue berkeinginan untuk masuk Kedokteran. Tapi gue ga nanggung nanggung nih, gue ngebet kedokteran UI. Kan geblek juga gue, kurang gila apa coba, FK UI gais. Tukang bala bala juga tau masuk sana mah susah. Ini gue bubuk rengginang masih aja pede masuk sana.

Hingga ada seseorang bilang, "Shaf, lulusan SMA 3 aja udah ditendang dari FK UI, lah lu gimana shaf ?"

Jujur sih itu kata, sakit tapi ga berdarah. Tapi emang ada benernya, apalah aku, seorang yang masih remed fisika, langganan kimia jeblok, matematika doremi dengan PD nya ingin ke FK UI. PEDE BOLEH ASAL DISESUAIKAN DENGAN KEMAMPUAN. Oke sip .

Akhirnya gue ganti yang tadinya gue FK UI, gue jadinya ingin ke UGM-Biologi. Kenapa gue milih UGM ? Pertama tama, di UGM ada kaka kelas alumni SMA gue yang ganteng, jadi gue mau ke UGM nyusul dia (#gadeng Canda wkkwk). Yang kedua, gue demen banget sama negara Jepang, kalau bisa gue honeymoon sama suami disana, ya kenapa Nggak ? Disaat orang lain pengen masuk Nanyang Tech University di Singapur, gue mah ga muluk muluk dah, gue cuman mau lanjutin S2 dan S3 gue di Hokkaido University atau Tokyo University. Dan gue cuman bisa kesana, kalau Universitas gue di UGM S1 nya (*ini muluk muluk banget anyiww).

Baca juga : Sedih nday di tolak SNMPTN

Bulan Februarian sekitar tanggal 21 pengumuman SNMPTN tahap satu. Di sini gue akhirnya lolos juga walau pada pertamanya sempet ga bisa load alias error. Mungkin bisa di baca cerita di atas. Nah abis itu gue memutuskan untuk daftar SNMPTN ke UGM jurusan Biologi.Pede banget kan aku :( UGM Gais, universitas no.2 yang ter apa ya lupa menurut risetdikti. Kan gebleg ya gue. Sebel kalau mikirin SNM mah :((

Ya gue lumayan berharap banget nih sama UGM, ya karena gue udah jatuh cinta sama nih kampus. Padahal gue ga tau UGM kaya apa :( Gue isi tuh UGM Biologi dan tau nggak ? Gue cuman ngisi 1 pilihan anjirrr ! Ah taik :( sebal gue.



Terus Tanggal berapa sih, lupa pengumuman SNMPTN teh. Jam 2 pengumuman SNMPTN diumumkan. Waktu jam 2 siang, gue itu lagi di jalan menuju GO. gue di jalan juga ga konsen. Aduh gue bubuk Dancow gini di terima ga ya UGM :( Kalau masuk UGM, gue udah nadzar, mau minta maaf ke barisan para mantan.

DAN TAUNYA.....


AING GA MASUK SNMPTN 2017 ANJIRR !!!

respon pertama gue :
1.  Ga jadi minta maaf ke mantan
2. Matiin semua sosmed
3. Diem di kamar
4. Lemes seharian belajar di GO
5. malu 

            SEORANG SHAFIRA HARUS MENGIKUTI SBMPTN ! AH GILA ANJIR ! GUE TUH GA DEMEN BANGET SAMA NAMANYA SBMTPN, KARENA GUE TUH UDAH ANCANG ANCANG, MAFIKI GA BAKAL DI ISI :(

Gue jadi stress seharian, depresi banget gila deh :( banyak yang nanya juga di DM IG, di line, di FB :( gue bingung jawab apa. Gengsi gue gede banget cuy...

DITAMBAH ADA SESEORANG YANG GUE SAKITIN HATINYA TERUS DIA LOLOS SNMPTN :( YA ALLAH, MUKA HAMBA  MU INI MAU DI TARUH DIMANA :( 

=======================================================================
Season 2 : Si borjuis UI dan si racun poltekkes yang mematikan Percaya diriku.

Dan gue lupa, ternyata gue juga ga hanya ngandelin SNMPTN, gue juga daftar tuh UI PPKB sama Jalur undangan Poltekkes. Ya disini gue yakin sih masuk ke poltekkes, karena ya nilai Rapot gue rata ratanya juga bagus. 

Gue daftar PPKB UI dengan syarat Fotokopi rapot, sama disuruh buat essay, kenapa gue mau ke UI dan ke fakultas itu. Ya lu tau kan, karena gue biologi addict banget, akhirnya gue daftar FMIPA-Biologi UI. Dan ternyata essay gue ke seleksi dan gue dikasih pin buat ngisi formulir pendaftaran online di web ppkb ui. PPKB UI meminta uang regitrasi sebesar 700 ribu. Mahal ? Iya sih, ya gapapa lah yang penting UI, gue mikirinya gitu kan. 

Dan tanggal 2 MEI pengumumannya..


 GUE DI TOLAK LAGI ANDAYYY !! YA GUSTI ILAHI, APA SALAH RABBI, SAMPE SAMPE UI JUGA NOLAK SAYA. YA ALLAH BERILAH HAMBA YANG TERBAIK, 700 RIBU AING LEUNGIT ! 

Sedih ? Pasti dong, kecewa ? tentu, tapi gue masih santai, karena GUE YAKIN DI TERIMA DI JALUR UNDANGAN POLTEKKES. secara rapot gue rata ratanya bagus lah , masa masih di tolak poltekkes. plis. kutil badak.

Dan pengumuman poltekkes pun terbit, gue seneng dong ya, dengan ke percayaan diri yang tinggi bak Menara eifell.

Dan Taunya aing mendapatkan kata MAAF untuk ketiga kalinya.

WAH BETAPA SENANGNYA DIRI INI. DI TOLAK DIMANA MANA, RASANYA BODOH SENDIRIAN.

=======================================================================
Season 3 : Si Hasil Try Out yang palsu, kaya dia yang suka ngasih Harapan palsu.

Depresi ? Jelas anjir :( gue jadi malu cuman buat post satu foto di IG. Gue sedih liat temen temen gue yang lolos SNMPTN. Tapi gue ga langsung putus asa, soalnya masih banyak yang ga keterima SNMPTN kan. Ya jadi gue selo aja wkwkkw.

Dengan semangat 45 dan semangat belajar yang terbaharukan, gue akhirnya belajar mati matian buat SBMPTN. Gue akhirnya nyolong akun Zenius temen gue. Dari zenius gue belajar bahwa Matematika kimia dan Fisika itu gampang anjir. Alhasil selama semingguan gue belajar zenius kan. Malem siang gue isi sama zenius, sorenya GO, Sabtunya Try Out SBMPTN. Pokoknya pengetahuan gue tuh ter upgrade dengan sendirinya. Hingga Try OUt GO tiba. Di percobaan TO pertama, gue cuman dapet PG 27,xx % yang intinya Biologi UGM tuh belum dapet, baru dapet Biologi UIN lah. Akhirnya gue belajar mati matian dan jreng jreng jreng TO kedua gue dapet 53% . Rasanya ingin bilang " Anjir aing ga jadi ternak kecebong ! Aing bisa jadi dokter anjir, yuhuuu! BYE BIOLOGI BYE". 



Sampe taku tuh mikir ya, Fix aku mau UI kedokteran pilihan satunya, terus pilihan kedunya FK UGM, pilihan ketiga FK Unpad. Gob**k ga aku  ? Sosoan pisan anjir kalau dipikir pikir gue teh. Tapi karena gue takut fungsi otak gue menurun, alhasil gue tetep pada pendirian, BIologi -UGM.Sejak hasil Try Out Gue yang mega edan besar, gue jadi males malesan ke GO, gue jadi males Try Out mingguan lagi, gue yang biasanya zenius jadi engga, gue malah balik ke habitat gue , yaitu Nonton drama korea.

========================================================================
Season 4 : Si ganas SBM yang mematikan mimpi serta impianku

KArena hal yang tidak faedah tadi, mungkin kemampuan otak gue nurun drastis kali ya. Alhasil gue cuek sampe hari Ujian SBMPTN. Karena gue mikir, ah Biologi UGM udah ditangan ini mah Fix anjir.


Gue ngerjain soal SBM tuh ya. Seneng nya Biologinya gampang, tapi Mafikinya sedap sedap gurih enyoy. Gue semangat banget dah ngerjainnya. Pokoknya gue yakin UGM jebol deh jebol. Dan pengumuman SBMPTN 2017 pun tiba. Gue ajak ibu gue buat liat hasil SBMPTN bareng. karena yakin gue keterima, walau cuman di pilihan ketiga juga gapapa.

DANNNN...

3 TAUN ANJIR GAISSS ! 3 TAUN SAYA BELAJAR DI SMA, CUMAN DAPET JANGAN PUTUS ASA DAN TETAP SEMANGAT ! SAKIT GA BERDARAH GAIS !

SEKETIKA HARAPAN UNTUK MENJADI GAMADA (GADJAH MADA MUDA) SIRNA SUDAH, DAN SAYA PUTUSKAN UNTUK MELUPAKAN KAMU. salah, maksud saya SAYA PUTUSKAN UNTUK DIEM DI KAMAR SAMBIL MAKAN BUMBU INDOMIE.

Saya setelah di tolak sbmptn, inilah waktu aku untuk intropeksi dan makin mendekatkan diri pada Allah SWT. Aku menyadari, bahwa permintaanku kepada-Nya belum se istiqomah solatku. Mungkin hamba terlalu banyak bermimpi tanpa ada usaha, atau mungkin hamba kurang dekat padamu Ya Allah. Mungkin karena semua penolakan ini, hamba sadar, Allah Ingin hamba mendekatimu, bersujud pada-Mu.

KARENA SBMPTN, SAYA BERUBAH DRASTIS ! SAYA JADI LEBIH DIEM DI KAMAR, KELUAR KAMAR CUMAN SOLAT SAMA BEOL. DIEM DAN DIEM . dan yang jelas lebih sering nge like status status motivasi di line :')

Hingga pada akhirnya.jreng jreng jreng..UGM Membuka Ujian Tulis . Dan GUE FIX MENGIKUTINYA.

=======================================================================
Season 5 : UGM memang bukan jodohku 

Dengan semangat yang tak pernah luntur serta sisa sisa ilmu keotakan yang ada pas di SBM, gue pake nih buat utul UGM. Gue langsung ke Jogjanya gais :) saking gue pengen banget ke UGM. Dari kelas 11 emang rencana buat ngerantau tuh besar banget di hidup gue :) Gue pengen ngerantau ke Jawa, ya kalau g UGM ya Unsoed. Tapi ga tau kenapa gue tetep kekeh bin taik kotok, pengen ke UGM. Padahal sama BK sekolah udah di suruh ke Unsoed. Tapi tetep we si taik kotok ini pengen ke UGM. 

Gue selama di Jogja numpang di rumah temen gue. Namanya Faisal anak UPN. Baik banget beuh, tapi gue juga ga sendirian, gue utul di Jogja bareng temenku namanya Alex. Bukan cowo kok kalem. Alexandria Ayubelia. Nah gue nginep 2 malam di rumahnya faisal. Gue dikasih makan sob, di kasih bekal susu sama roti buat ke ujian utul, gue di anterin sampe ke ujiannya gais, dan gue dijogja punya Jogja Squad, nah Jogja Squad ini yang nemenin gue selama di Malioboro. Sampe jam 11 san malem, gue masih ditemenin smaa jogja squad.

*Ya jadigue saranin, kalau mau punya suami setia, orang Jogja tuh pas banget. Gue rekomen deh

Dan tanggal 21 Mei gue utul di Kampus hukum UGM nya. Di jalan sosio . Soal utul UGM itu gampang aslian, lebih gampang dari soal SBM. Biologinya rame juga ! gue suka banget sama soal utul UGM, Dan ...



DAN GUE DI TOLAK LAGI HAHAHAHHAHAHAHAHAHAHHAHAHAHAHAHAHAHHA. Banyakin ketawa aja deh ! Asli gue depresi berat ih aslian in mah :') Rasanya pengen jadi tukang jualan bandros di depan ITB , aslian.

Hari hari kosong berlalu, hari hari pahit kemudian. Tetangga udah pada nanya, keluarga udah pada nanya, rasanya gue  jadi pengen nikah aslian ;) Di tolak sebanyak ini ngebuat gue tuh mikir "udahlah mun aya pangeran tampan arab ngelamar saya, udah saya terima aja lamarannya ! aing nikah, terus aing kuliah di oxford anjir"

Tapi aing ga sebodo itulah ya. urang makin memantapkan diri di hadapan-Nya

Ya Allah mungkin UGM bukan jodohku. Sudah berapa kali aku mencoba UGM namun tetap saja gagal. Padahal sudah kukerahkan semuanya, Usaha, kerja keras, ilmu serta keringat yang bercampur air mata sudah menjadi saksinya. Namun mengapa engkau tak menakdirkanku dengan UGM ? Apakah kesalahan jika hamba masuk UGM ? Kalau memang UGM yang terbaik. Maka dekatkanlah . Namun jika UGM bukan yang terbaik, tetep aja jodohin buat saya  maka berikanlah yang terbaik menurutmu Ya Allah. 

"Sekeras Apapun kamu berusaha, kalau ga jodoh mau di kata apa ? Jodoh pasti akan bertemu" -shafira, yang di tolak sama PTN keseringan.

=======================================================================
Season 6 : Utul Poltekkes yang kesekian akhirnya

Karena gue udah lelah dengan segala penolakan yang ada, tapi tetap semangat ini aku usahakan tak pernah luntur, Aku percaya Allah SWT selalu bersamaku. AKu bersama temanku Tasya, memutuskan untuk mengikuti utul poltekkes. Aku mengambil jurusan keperawatan. Soal utul ini tidak memakai sistem Minus. Karena aku pede ya. isi ga isi , bisa ga bisa, gue harus ngisi. Gue kerjain seperti biasa. Kali ini matematika dan biologinya gampang, tapi seperti biasa fisika gue Ancur lebur, dan jangan tanya kimia gue gimana. Gue ga ngelirik satupun soal kimia. Tapi gue optimalin tun di Biologi dan matematikanya. 

DAN GUE GA DITERIMA LAGI, DAN MENURUT GUE INI SESUATU YANG BIASA BANGET . GUE UDAH SERING DI TOLAK. SEDIH ? UDAH GA SEDIH LAGI.

karena semua penolakan ini, keknya hipotalamus gue rusak deh, asli parah. gue ga bisa ngerasain apa artinya sakit karena di tolak. Apalagi di tolak cowo, ah udh biasa gue mah. 

=======================================================================
Season 7 : Jodoh pasti bertemu

Jujur ya gue udah males banget anjir sama semua penolakan ini.Gue ngerasa paling bodoh anjir :)) Ada yang salah deh sama gue, tapi apa ya. Gue salah dimananya. 

Gue udah berburuk sangka sama Allah SWT. Sebodoh itukah aing, apakah aing lebih bodoh dari pada patrick ? Ah pliss wee atuh :( Gue mikir, Allah ga sayang sama gue, Allah ngejauhin gue dari UGM, Allah ngebuat cita cita gue rusak, Allah ga mau gue ke Jepang. Ah pokolnya udah berburuk sangka. Sampe akhirnya gue tuh nemu akun akun penyemangat hidup. Gue sering seringin nonton Video dari Hanan Attaki. 

Di video ini, gue belajar, harus sabar. Sabar tingkat pertama adalah  Sabar terhadap ujian yang ada. Dan selalu meyakini bahwa ada kebaikan di setiap kehendak Allah. Dan barangsiapa yang mengucapkan Innalillahi Wainallillahi Rojiun, berarti telah mengikutsertakan Allah kedalam jalan hidup kita. Sabar level dua, sabar dalam meninggalkan dosa. Ternyata ninggalin Dosa itu butuh pengorbanan, Sabar untuk ga kepoin instagram mantan misalnya (*Tapi ini susah :( ), Sabar untuk menjaga pandangan ke bawah. Apalagi sabar untuk ninggalin ga jalan berdua sama dia yang belum halal. Sungguh ini sabar yang paling tinggi tingkatannya. 

Alhasil dari video itu gue belajar harus sabar bagaimanapun caranya, akan ada hikmah kebaikan dibalik ini semua. Allah tidak akan pernah tidur, dan aku yakin Allah akan menjawab doaku dikemudian hari.

Hingga ada pengumuman dari Info3SMA, bahwa Unsoed membuka jalur mandiri menggunakan nilai SBMPTN. dengan syarat harus memilih unsoed di pilihan SBM nya, otomatis gue bangkit lagi kan. Tapi kali ini gue udah pasrah dan biasa aja. Gue udah bener bener ga tau gimana lagi. Kalau ini emang ga berjodoh aku memutuskan untuk meninggalkan dunia perbiologiwan dan mengikuti sekolah manajemen di suatu tempat. Sakit rasanya harus meninggalkan sesuatu yang di cintai, dan harus menjalankan sesuatu tanpa hati yang mengikuti. Tapi daripada gapyear, aku ga mau jadi adik kelas, dan aku ga mau dapet pacar yang brondong :( Terus ikut taun depan belum tentu di terima jugakan ? =)) ya udah aku ikut deh Unsoed. 

Gue menjalankan hari hari kosong ini dengan main game. Lu tau kan bandung punya banyak tempat wisata kan wkkw :v Ya gue jalan jalan aja dah, sambil tadabur alam juga sih, makin mendekatkan diri pada Illahi aja. Mungkin kalau gue ga deket sama Allah, gue bisa aja Bunuh diri. Karena Passion gue ga tercapai. Tapi kan aing buntet buntet juga ga idiot lah.

Gue ikut nih ya Jalur Mandiri SPMB Unsoed, Ya kalau ga jodoh lagi, ya udah deh gue jadi ambil manajemen.

Dan tanggal 10 Juni 2017 jam 16.00 pengumuman itu tiba. Gue yang abis cuci rambut, di suruh emak buat cepet cepet liat pengumuman.

gue login nomor dan tanggal lahir gue...



AKHIRNYAA GUE DITERIMA. SEKETIKA GUE NANGIS DIPELUKAN MAMA, DAN MAMA GUE NANGIS JUGA. KARENA BELIAU SATU SATUNYA YANG TAHU PERJUANGAN GUE SELAMA INI.


Beliau yang sering memantau keadaan saya yang sedang belajar mati matian di kamar; mengejar kereta api menuju Jogja agar gue bisa ikut utul; Beliau juga telah kehilangan uang 700 ribunya; Beliau juga tahu , hujan hujanan saya TST ke GO. Andai kalian tahu jarak GO dengan rumahs aya itu 12 km, dan tiap hari saya lakukan itu.; Beliau juga tahu ,saya seringkali nangis diam diam disudut kamar karena betapa depresinya saya ini ; Panas terik udah kaya gembel pas diJogja; mencari sesuap PTN kesana kemari, agar mendapatkan sekolah yang terbaik,namun tetap tidak ada yang menerimaku.

Gue keterima D3 Pengelolaan sumberdaya perikanan Fakultas Biologi. This is My Passion ! D3? No problem. Saya orang yang menyukai kerja lapangan dan presentasi serta pratikum, so saya memang harus masuk D3 dulu, untuk melanjutkan ke S1 saya bisa ikut ujian Ekstensi kan. Yang penting Cita cita saya serta passion saya terselamatkan juga.

Saya ucapkan terimakasih sebesar besarnya pada Unsoed yang telah menerima saya ini. Sungguh saya ga bisa berkata apa-apa. Hanya Puji Syukur kehadirat Allah atas limpahan karunianya kepadaku. Saya jamin Unsoed ga menyesal nerima saya ! Dan saya akan buktikan itu !

"Dimanapun kamu berada, Apapun jurusannya, apapun universitasnya, minumannya tetap teh botol sosro !"

Ga deng wlkwkwkwk, 

"Dimanapun kamu berada, Apapun jurusannya, Apapun universitasnya, Kesuksesan di tentukan oleh dirikita sendiri. Mutiara dimanapun berada, akan tetap mutiara yang selalu bersinar terang. Dan saya yakin, mutiara itu adalah SAYA !" -shafira,17 tahun penggemar dangdut rhoma irama.


oh iya kelupaan, waktu itu saya juga ikut tes STT-Tekstil tapi di tolak juga.

Bandung,11 Juli 2017
9:46 WIB
Kamar tidur
=======================================================================


cerita selanjutnya, coming soon..

Comments

  1. Hello Safira Rahma! πŸ˜„πŸ˜‰ Salam kenal ya!
    Aku jadi sadar aku kurang bersyukur selama ini padahal uda diberi PTN, lewat Sbm :') tapi masi aja sambat2 ga jelas hehe..
    Semangat selalu ya kuliahnya! ciye Unsoed 😍 Sukses terusπŸ’• hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Nidya Sari ! Thanks to read this post hehe..Oke salam kenal juga :) Thanks buat semangatnya ! Kamupun Sukses terus ya di Univnya hehehe

      Delete
    2. Pilihan kamu ini bukan di unsoed?
      S1 Biologi
      S1 Budidaya Perairan
      S1 Peng. Lahan
      S1 Peng. Budidaya Perairan

      Delete
    3. sorry yng peng. lahan dan peng. budidaya perairan maksudnya D3

      Delete
    4. Gimana ? Ra mudeng aku wakakwak. Iya Pilihan Aku di Unsoed itu. kok tau? emangnya kenapa?

      Delete
    5. Halo kaw2 chayank...ternyata jalannya memang hrs di Unsoed ya...setengah semester, Alhamdulillah sdh dilalui, dgn hasil akademik IPKnya "Coumlade", juga mengikuti berbagai Organisasi terseleksi (Paduan Suara Mahasiswa Gita Buana Soedirman, Unit Penelitian Ilmiah Fabio, HImpunan MAhasiswa PerIKANan Indonesia, HImpunan MAhasiswa D-III Pengelolaan Sumber Daya Perikanan FAkultas BIOlogi, Unsoed, Perhimpunan Mahasiswa Bandung Unsoed) juga sdh berbagai sertifikat (Juara I lomba nyanyi di HIMA Fabio, magang di Balai Besar Perikanan Budidaya Air Payau Jepara, Panitia dan peserta HIMAPIKANI Wilayah III, dll)

      Delete
  2. Ehh typo, maksudnya bukan setengah semester, tpi 1 semester kwkwπŸ€”πŸ™„

    ReplyDelete
  3. Ahh... keren banget ini euyy

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Naskah Drama Bahasa Inggris A Little Thing Called Love

SMA Negeri 22 Bandung 2015 (Preview)

Tips-Tips Buat Kalian yang Ingin Pergi ke Bali