Kalau pun kamu tidak di terima SNMPTN


Kalau pun kamu tidak di terima SNMPTN...

Wih wih wih ga kerasa aku udah semester 2 di Unsoed. Dan tepat hari ini pengumuman SNMPTN untuk kelas 12 di umumkan? Wih pasti pada degdegan. Gimana? Pada daftar kemana nih ? Ada yang nyusul aku ga ke Unsoed ? Wah semoga apapun hasilnya pada bagus ya.
Kalau omongin tentang SNMPTN tuh kenapa ya, gue suka aja gitu. Suka suka gedeg gimana gitu.  Ya sukanya Alhamdulillah gue di tolak waktu itu (red : Karena di tolak gue jadi ngampus di Unsoed), gedegnya tuh karena di tolak. Dan mantan gue di terima SNMPTN. Dan GUE DITOLAK MENTAH MENTAH :) Thanks to the world and semesta ini.
Siapa sih yang ga seneng diterima jalur SNM ? Kebayang kan emak bapa lu loncat loncat karena anak kesayangan nya lolos SNM. Apalagi kalau di tambah misalnya doi masuk SNM juga, ditambah lagi doi masuk SNM dengan jurusan dan Fakultas yang sama kaya elu. Wah anjir, rezeki nampol tuh.
Masalahnya nih ya...
KALAU MISALNYA
MISALNYA
LU DI TOLAK SAMA SNM...
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhfkLqQFtlo_3l6sAOjYMwe7GUAyk4YiMRsG2pDTYwVZJcolK0GaSMFgvGqD7OOt2_CgTKnv6n6z0DaZXVZ-wD5Lg-8kkPN0SriWjc5EurPwtPE-kM6RJzE5H9loLGgTYr4sz8g2WGesTmP/s640/1.tidak+lolos+snmptn.png

LU COBA LIAT GAMBAR DI ATAS. ANDAI LU KAYA GITU...

Ya itu adalah pengumuman SNMPTN aku pada tahun lalu. Respon pertama kali pas buka web snm, adalah Crash yang dihantui dengan deg degan. Dan 5 menit kemudian..
Server sudah tidak down dan....GUE TIDAK DITERIMA SNMPTN 2017.
Respon yang pertama keluar adalah
1.  Hati yang langsung potek
2.  Air mata membasahi kedua pipiku yang lucu ini

Gue disitu langsung shock. Gue bingung mau ngapain. Mana temen temen gue pada nanyain gue keterima atau kaga. Makin tekanan tuh gue. Sumpah ya, gue yang tadinya lagi semangat ke GO (red : gue saat itu mengendarai kendaraan dengan kecepatan 60 sampai 80 km/jam), tiba tiba kecepatan gue menurun jadi 30km/jam.
Rasanya bumi terbelah dua, Gue membayangkan kedua muka ortu gue yang sedih bet pasti, dan pikiran pikiran negatif yang mulai muncul.

Nah itu secercah cerita gue tentang SNM. Kenapa respon gue saat pertama kali liat penguman dan gue di tolak adalah air mata?
Yah, gue terlalu berharap dengan SNMPTN. Gue terlalu banyak bermimpi jika gue diterima. Padahal gais, gue kasih tau aja nih. Ketika lu nge planing sesuatu, dan memikirkan ketika lu mendapatkan itu semua, merupakan pemikiran yang salah menurut gue. Why ? Coz, ga bakal semua planning lu ga bakal berhasil. Boleh berharap tapi lu harus tetap melakukan planning lainnya. Ketika Planning A gagal, Lu punya Planning B.
A.  Membuat Planning sebanyak banyaknya.
Seperti misalnya lu punya planning
Planning A = SNMPTN
Planning B = SBMPTN
Planning C = Ujian Tulis, Mandiri, dll
Planning D = Ujian Swasta
Atau planning lu bisa di ubah
Planning A = SNMPTN
Planning B = Ujian masuk Swasta
Dan planning planning lainnya. Kenapa gue suruh lu buat Planning ? Ya karena Planning A lu belum tentu sukses. Kalau lu ga punya planning, lu bakal kaya gue nanti. Respon kalau di tolak SNM adalah kekecewaan.
Ketika lu punya plan tertata, maka ketika lu di tolak SNM, lu ga bakal merasa sedih karena lu udah punya persiapan buat melanjutkan plan selanjutnya.
B.  Lu kecewa karena apa?
Menurut pengalamanku yang tahun lalu, gue kecewa itu karena apa?
1.     Terlalu banyak berharap
Pernah denger orang bilang gini ga “Tong, lu jangan banyak banyak berharap deh, nanti akhirnya kecewa bet dah”. Dan kata kata orang itu adalah BENAR. Ketika lu berharap banyak tentang sesuatu secara berlebihan maka yang bakal lu dapet adalah kekecewaan. Ya Berharap boleh tapi ada batasnya. Karena sesuatu yang berlebihan itu tidak baik gais.

Dari Ibnu Mas’ud ra, bahwa Nabi saw bersabda: “Binasalah orang-orang yang berlebih-lebihan”, tiga kali Rasulullah menyebutkan hadits ini, baik sebagai berita tentang kehancuran mereka ataupun sebagai do’a untuk kehancuran mereka. (Diriwayatkan oleh Muslim (2670)).

2.    Takut ngecewain ortu
Nah yang ini. Hal ini tuh merupakan momok terbesar bagi anak anak jaman millenials. Ya mereka takut kalau engga diterima SNM itu ga pinter. Karena apa? Karena mindset orang tuanya yang bilang begitu. Iya sih, gue ga menyalahkan semua orang tua di bumi ini yang bilang gitu. Cuman gue tuh cuman ngasih tau aja buat kalian kaum takut takut orang tua. Kalau lu ga diterima SNM jangan takut atau merasa minder. Dengan di tolaknya SNM, bukan berarti lu ga pinter. Lu harus bisa meyakinkan ortu lu dengan mengubah mind set bahwa yang di tolak SNM tidak selamanya buruk.

3.    Tidak punya Planning
Seperti yang gue katakan di atas. Kecewa itu karena lu ga punya planning. Karena otak lu mentok si SNM. Lu hanya berharap di SNM ini, padahal si SNM ini belum ngasih kepastian ke elu. Tapi elu udah sepenuhnya percaya bahwa dia bakal nerima lu. Plis ubah mindset seperti ini bung. Ini adalah sebuah kesalah terbesar.

Cobalah untuk selalu berpikiran, andai aku tidak di terima di sini, maka aku akan ke sini. Jika aku juga tidak di terima di sana, maka aku akan mencoba di situ. Kalau aku tidak di terima disitu juga maka aku akan mencoba di mana saja.


4.    Takut ga sukses

COMING SOON



Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Naskah Drama Bahasa Inggris A Little Thing Called Love

SMA Negeri 22 Bandung 2015 (Preview)

Tips-Tips Buat Kalian yang Ingin Pergi ke Bali