Surat Terbuka untuk Kodomoku , Azizal Zilmi Al-Afi


Hallo, teman baikku !

15 Desember 2022, mungkin jadi salah satu hari baik kamu.

Akhirnya setelah 4 tahun mendaki dan melewati berbagai hal hal suka, sedih maupun senang. 

 

Kalau yang lain mungkin ngucapin kamu dengan berbagai foto dan video bahkan kata kata menyentuh hati, kali ini izinkan teman kodomo mu bercerita dalam blog kesayangannya. Cielahhh.

 

Hai Ijal, aku ga nyangka loh bisa berteman baik sama kamu hingga cerita ini dipublikasikan di blog kesayanganku. Satu hal yang buat aku bersyukur adalah bukan akhirnya kamu lulus dari UMM, tapi bersyukur aku bertemu sama ijal hihi. 


 

Kalau untuk kenal pertama kali dengan manusia onde-onde ini aku lupa. Tapi ku ucapkan terimakasih juga untuk mantanku yang mengenalkan makhluk ini. Yang jelas aku kenal sama manusia gumpalan daging ini, berawal dari sebuah café di Malang Namanya café Qita. First impression aku sama ijal tuh pendiem, galak, jutek, dingin :( Oiya ijal juga mirip tulus waktu itu, Tulus versi kecipratan baking soda dikit. 

 

Tentang perjalanan pertemanan aku sama ijal juga bisa dibilang cukup love hate relationship. Soalnya kadang ijal itu bisa jadi manusia nyebelin super parah, tapi ga lama dia bisa jadi ibu peri berhati hello kitty. Aku kasih tau ya rahasianya, ijal tuh covernya aja Bapa Bapa vibes paslon PDIP, beuh kalau udah kenal dan paham orangnya, ihhh kamu bisa ga nyangka aja.

 

Ijal tuh manusia paling care loh sama temen-temennya, bahkan dia rela anter jemput aku yang hobinya bolak balik Malang. Padahal udah beribu kali mengucapkan selamat tinggal sama Malang, tapi ga pergi pergi juga. Ijal juga siap sedia jadi temen dengermu 1x24 jam. 

 

Aku inget waktu itu aku nangis sendirian jam 1-2 pagi ( Oktober 2021) di depan kursi UB. Terus posisi aku juga bingung harus ngungkapin patah hati yang dialami waktu itu ke siapa. Entah kenapa terlintas di otak itu cuman ijal. Dan akhirnya aku VN ke ijal 5 menit yang isinya cuman suara nangis aja. HAHAHAH kalau dipikir-pikir ngapain wee lah.

 

Dan tau respon ijal apa? 

Ijal ngeresponin VN aku yang isinya nangis aja.

Ganyangka sih, karena aku pikir lelaki jutek terus dingin kayak ijal gamungkin ngerespon VN cewe entah berantah dengan sangat bijak.

 

Kalau ditanya, siapa yang punya cerita kehidupan sapi selama kuliah dari A-Z ? Ya ijal salah satunya, semua rahasia, semua cerita sampai ke aib aib nasional, ijal tau. Kecuali cerita tentang hubunganku. Jadi kalau ada yang mau deketin aku, deketin ijal dulu ya HAHAHHA. Ga lahh. Ijal juga sekedar temen cerita, tapi temen ghibah, temen makan, temen makan temen WADAWWW ga lah wkkw

 

Itu mungkin intermezzo tentang sapi ke izal. Setelah ini adalah full ucapan maaf dan terimakasih dari sapi buat ijal. 

 

Setelah kamu lulus dari Univ, kamu akan menemukan banyak hal-hal tak terduga lainnya. Hal-hal yang mungkin akan membuatmu berfikir bahwa masa-masa kuliah dan bertemu dengan teman-teman adalah hal yang akan kamu kangenin dimasa itu. Ada hal-hal yang mau aku sampein ke kamu jal tentang hidup setelah kamu lulus dari kuliah.

 

Hidup akan menjadi lebih keras dari biasanya. Banyak manusia manusia yang kamu temukan dengan banyak muka yang ia miliki. Kamu akan merasa kebingungan untuk memilih siapa dan yang akan menjadi partner kerjamu dimasa nanti. Tapi, aku yakin siapapun yang berteman denganku, mereka telah dirancang menjadi orang yang Tangguh dan kuat. Dan pada akhirnya kamu akan memilih untuk berjalan dikaki sendiri. 

 

Ijal yang aku temui, adalah ijal yang selalu gabisa ngungkapin rasa sedihnya. 

Aku inget waktu itu ga sengaja liat ijal di lab sendirian lagi mengkoreksi laporan praktikan. Aku disaat itu yang ga punya power untuk ngebantu ijal, akhirnya cuman bisa ngeliat ijal dari kejauhan. Ijal yang selalu menahan amarahnya, agar semua orang ga kena sama marahnya ijal. Ijal yang selalu memilih diam dan akhirnya menarik dari orang banyak.

 

Nanti setelah kamu menemukan tempatmu untuk berkembang. Kamu Cuma perlu ingat ini ya.

 

Jangan mencari tempat di mana kamu diminta untuk jadi sempurna, tapi carilah tempat di mana seluruh kekuranganmu diterima. Hidupmu engga akan pernah Bahagia kalau kamu engga bisa jadi dirimu sendiri. Hidupmu ga akan tenang kalau kamu cuman ingin mewujudkan ekspetasi orang-orang. Biarin yang lain pergi dengan cita-citanya, biarin yang lain ngejar apa yang mereka mau, kamu ga perlu seperti mereka, kamu hanya perlu mencintai dirimu sendiri. 

 

Selamat telah melewati satu fase kehidupan, Graduated from sadness ( karena kuliah isinya misuh dan capek capek wkwk).

 

Terimakasih telah hidup di bumi dan mengajarkan aku banyak hal dan makna hidup sebenarnya. Terimakasih telah menjadi orang baik dan memiliki pribadi menarik. Terimakasih telah bertahan dan berjuang sampai sekarang. Terimakasih telah berkenan menjadi Ijal yang hidup apa adanya. Aku selalu berdoa, semoga Tuhan selalu memelukmu dengan berkah dan Bahagia yang tak terputus. Semoga doa-doa baikku untuk teman teman tulus sepertimu, sampai kepada Tuhan. Semoga kamu semakin kuat menjalani hidup ini yang banyak pasang surutnya hehe. 

 

Aku ga pernah kemana mana jal. Aku selalu dikamar dengan semangkuk mie indomie yang udah lembek wkwk. Ga deng becanda :v.

 

Aku ga pernah kemana mana jal. Aku akan jadi seseorang yang ada di sisi kamu. Semoga kamu bisa lebih sabar dan kuat Ketika dihadapkan dengan masalah besar. Jangan pernah bosan untuk belajar ya, aku percaya kamu akan jauh lebih bersinar.

 

-       Dari sapi, untuk kodomoku “ ijal onde onde”





                                                       OUR TIMELIPSE 



                Pertama kali Ijal cari janda terus beliin pentol bakar di Tirto buat sapi


Baru nyadar disetiap momen bahagia Sapi, pasti ada Ijal sama Ripal yang ikut di frame 


                            Ijal udah mirip mantan Kaprodi Perikanan UMM :) 



TIM PKM favorit ku yang selalu dijadiin home screen HP ku

Ijal di wisudanya sapiii


Aku tau Ijal sedih kan wleee. HAHAHA disini mirip ayah dan anak anak yang nganterin ibunya Umroh ke Mekkah wkkw Makasih udah selalu bersedia anter jemput sapi ke terminal



                Ijal yang akhirnya WIS-UDAH juga :) 


Please, start to believe that your presence matters. Your words have made other people's day better. Your random act of kindness have helped those in need. Your manner and attitude have made others believe that there were still kind people out there. Your smile mae someone's day brighter and your work is beneficial for society. Some people maybe love you and some will not. But your task is focus on those people who genuinely love you. You were not born to please the people and to be love by everyone. Start seeing yourself as someone who is worthy of respect and genuine love, because you're the soul that this universe loves the most. 

                                             THIS WORLD NEEDS MORE KIND PEOPLE LIKE YOU (-rrnm)



Please don't be too hard on yourself. You do the best with what you know. You carry on despite how hard it is. Give you self a little more happiness ! you deserve it !! 

                                                         -your kodomo, 2022



*FYI : Waktu aku ngirim ginian ke ijal, sebenernya aku lagi sedih daÅ„ tiba-tiba Gatau kenapa kekirim kata kata bagus kek gini, dan ternyata Alhamdulillah bisa jadi penyemangat ijal buat maju ketemu pak har ! hahaha



P.S : Buat siapapun wanita yang berhasil membuat Aries ini jatuh cinta, tolong ya jangan disakitin anaknya, sayangin dengan tulus, covernya emang kek galak siap menerkam, tapi kalau Udah sayang, satu meikarta aja dibeliin buat kamu wkwkk

























Comments

  1. the long journey is always found with painful poison, sweet fruit, and bitter medicine, there is also fresh water, for sure everyone we meet is the most beautiful ❤️part of our lives with their own version, keep being a good person okay mas izal, and keep up the good work sis syafira

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Naskah Drama Bahasa Inggris A Little Thing Called Love

SMA Negeri 22 Bandung 2015 (Preview)

Tips-Tips Buat Kalian yang Ingin Pergi ke Bali