Sistem PPDB 2014 Kota Bandung dan Sekitarnya

                        Teman-teman, beberapa hari yang lalu, saya mengikuti Seminar Motivating. Disana saya di beri tahu, bahwa Sistem PPDB dan PTN Kota Bandung berubah.  Mungkin beberapa tahun yang lalu, kalian tahu namanya kluster - kluster di setiap Sekolahan ? Ada kluster satu, dua, sampai tiga. tapi di tahun 2014 ini, Sistim kluster sudah di ubah. Mau tahu Sistim yang baru ? Sama Saya juga.. okey dah langsung ajah cekidot.....   :D



1. Berubahnya Sistem Kluster menjadi Sistem Kolaborasi atau Sistem Rayonisasi

Sistem Kolaborasi ? Apaan itu ? kok, aku baru denger sih...Okey saya terangkan yah, maksud dari sistem kolaborasi atau rayonisasi maksudnya adalah Kalian mencantumkan Pilihan satu dan dua dengan Dua sekolah yang berbeda tempat tinggal, tetapi bebas Kluster..  maksudnya gimana? Kok masih gak ngerti.. Nih liat yah..di bawah ini.

Sistem yang sekarang menginginkan, Kalau kalian mengisi Pilihan satu harus dengan Syarat :
1. SMA nya beba kluster ( 1,2,3)
2. Bebas dimana ajah alamatnya

Tetapi, Pilihan keduanya harus diisi dengan format :
1. Sekolah tersebut harus sesuai dengan Rayon . (*rayon adalah wilayah rumah kamu / domisili)
2. Bebas klusternya

Ini Misalnya yah, contohnya saya Ingin masuk SMA 3 atau 8 bandung, Tetapi Saya berdomisili di Kota bandung, Bagian Selatan ( Bandung Selatan), Jadi kalau menulis Pilihan satu atau duanya bisa di gambarkan seperti ini :


Liat yang saya kotakin, kalau kalian tilik lebih dalam, ke 4 SMAN itu merupakan sekolah yang berada di kawasan Bandung Selatan. Terus kalau untuk SMAN yang berada di wilayah Bandung barat, Timur, dan Utara apa dong ? Okey saya kasih tau, tapi belum bisa sekarang, karena datanya belum keluar.

Oh iya, kenapa aku menekankan pilihan dua harus sesuai Rayon. Gini yah, Kalau misalnya Bayangkan saja,  ada dua siswa A dan B. Siswa A dan B mendaftar di SMA 6 Bandung.  SMA 6 Bandung berada di kawasan Bandung Selatan. Siswa A dan B mendapat Nem 35,85. Siswa A rumahnya di cihampelas, sedangkan siswa B rumahnya di kawasan gardujati. Tetapi pada akhirnya Siswa B yang masuk ke SMA 6 Bandung. Kenapa? Karena Kalau kita memilih pilihan kedua dengan sistem rayonisasi, maka Nem / Passing Grade kita di kalikan 10% atau di tambah 0,25. Dan siswa A kelempar ke SMA lain. Tapi kalau kita tidak sesuai dengan Rayon, maka NEM kita tidak dikalikan 10% alias Nem Murni. Jadi kalian mau milih yang mana ? Sistem rayon atau sistem biasa? terserah saja.

2. Tingkat kesulitan soal di naikkan menjadi 30 %

Mungkin bagi, seluruh murid ini merupakan suatu bencana ! Termasuk saya. Karena kalau kita telusuri. pada tahun 2012 tingkat soal susah itu cuman 10 %,  2013 tingkat soal susah 20 %, angkatan kita 2014 tingkat soal menjadi 30% lama-lama tingkat soal susah jadi 40% dah -_-. Miris memang keliatannya. Kalau di gambarkan akan menjadi seperti ini :


Gimana ? Bencana bukan ? Iya pasti, terutama model siswa yang kayak aku -_-". Okey Bye find me deh ! 

Okey deh, selesai sudah psot nya. Jangan Lupa Baca yah Artikel aku yang ini.. menurutku kalau gak baca satu artikel ini gak bakal plong rasanya. klik 
3. Menjadikan Rapot kelas 10 SMA, menjadi modal Jalur Undangan ke PTN.

Siapa sih yang gak seneng, kalau kalian kepilih menjadi siswa jalur undangan? Pasti senenglah, karena biaya pendaftaran dan tatabengek laiinya akan di tanggung pemerintah. Di point ini, kalian harus pandai memilih SMA yang pas dengan otak kita. Carilah SMA yang bagus tetapi  saingannya enggak banyak yang pintar. Kenapa ? karena Jalur undangan itu dibatasi loh ! Misalkan :


Kasus  :

1. SMA X Bandung menerima jalur undangan dengan 50 Siswa. Berarti logisnya siswa dengan ranking 51 kebawah enggak dapet jalur undangan :(

2. SMA y Bandung menerima jalur undangan 20 siswa. Berarti ranking 21 kebawahnya enggak dapet jalur undangan.

3. SMA E Bandung menerima 60 siswa lewat jalur undangan. Berarti ranking 61 sampai kebawah enggak dapet jalur undangan.

Berarti kesimpulannya carilah SMA yang bagus tetapi tidak banyak saingannya. Kan akhirnya nyesel kalau misalnya kita ingin masuk SMA cluster 1 ranking 1 terbaik, tetapi sayangannya banyak jadi kita gak kepilih. Mending milih SMA cluster 1 tetapi yang tidak terlalu tinggi, agar saingannya enggak terlalu banyak..

Sebenarnya masih banyak lagi perubahan tentang PPDB kota Bandung 2014, tetapi karena waktu dan saya besok masih Pra-UN Inggris. Maka saya sudahi. Okey..Bye.. Keburu ketahuan sama mamah aku.. Ketahuan matilah aku :'( miris..



Hehehehe, sekalian numpang selfie dan pamer twitter ;)


Baca yang laiinya juga yah :


Buat yang punya adik di SD yang mau UN atau orang tua yang sedang bingung PPDB sekatang kaya gimana ayo udah ada yang baru nih PPDB nya, semoga bisa jadi gambaran yah Gais~

2. (2015) PPDB SMPN/MTsN Kota Bandung 2014 dan sistem PG untuk 2015..cekidot klik disini





Comments

  1. Terima kasih infonya ya...

    Mudah-mudahan di tahun mendatang masih berkenan memberi info... :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Naskah Drama Bahasa Inggris A Little Thing Called Love

SMA Negeri 22 Bandung 2015 (Preview)

Tips-Tips Buat Kalian yang Ingin Pergi ke Bali