Kisi kisi PKN US 2014-2015 untuk SMP/MTS
MATERI SKL INDIKATOR SOAL :
1 Pengertian negara
dan unsur-unsur
terbentuknya negara
Mendeskripsikan
hakikat bangsa dan
negara.
Diberikan pilihan unsur-unsur
terbentuknya negara, peserta
didik dapat menentukan sifat
unsur-unsur terbentuknya
negara.
2 Asal mula terjadinya
negara
Menjelaskan asal mula
terjadinya negara
Diberikan contoh sejarah
terjadinya negara, peserta didik
dapat menyebutkan asal mula
terjadinya negara secara
faktual.
3 Tujuan NKRI dalam
pembukaan UUD
1945
Mengidentifikasi tujuan
NKRI
Diberikan teori tujuan negara,
peserta didik dapat
mengkategorikan tujuan NKRI
yang terdapat dalam
Pembukaan UUD 1945.
4 Contoh contoh
perilaku yang sesuai
dengan semangat
kebangsaan
Menunjukkan contoh
perilaku yang sesuai
dengan semangat
kebangsaan
(nasionalisme dan
patriotisme)
Diberikan pengertian
nasionalisme, peserta didik
dapat menunjukkan contoh
perilaku yang sesuai dengan
semangat kebangsaan.
5 Budaya Politik di
Indonesia
Menganalisis
pengertian budaya
politik
Menganalisis pengertian budaya
politik dalam masyarakat
demokratis
6 Tipe-tipe budaya
politik
Menganalisis tipe-tipe
budaya politik yang
berkembang dalam
masyarakat Indonesia
Mengidentifikasi karakteristik
tipe-tipe budaya politik
7 Fungsi dan peranan
Partai Politik
Mendeskripsikan
pentingnya sosialisasi
pengembangan budaya
politik.
Menjelaskan fungsi partai politik
8 Prinsip-prinsip
demokrasi Mendeskripsikan
prinsip-prinsip budaya
demokrasi.
Menyebutkan macam-macam
prinsip demokrasi.
9 Prinsip- prinsip
demokrasi Pancasila
Menganalisis
pelaksanaan demokrasi
di Indonesia sejak orde
lama, orde baru, dan
reformasi
Membedakan pelaksanaan
demokrasi pada masa orde
lama dan reformasi
10 Perilaku Budaya
demokrasi dalam
kehidupan sehari-
hari.
Menampilkan perilaku
budaya demokrasi
dalam kehidupan
sehari-hari.
Mengidentifikasi perilaku budaya
demokrasi yang perlu
dikembangkan dalam kehidupan
sehari-hari.
11 Partisipasi dalam
Sistem Politik
Menyebutkan
partisipasi WNI dalam
sistem politik.
Peserta didik dapat memberi
contoh sikap warga negara
dalam sistem politik.
12 Supra / infra struktur
Politik di Indonesia
Menyebutkan supra /
infra strutur Politik di
Indonesia
Dengan diberi pernyataan
peserta didik dapat menentukan
supra / infra strutur Politik di
Indonesia
13 Asas-asas hubungan
Internasional
Mendeskripsikan asas-
asas hubungan
Internasional dalam
pergaulan antar negara
Menjelaskan asas-asas yang
berlaku dalam hubungan
Internasional
14 Perjanjian
Internasional
Menjelaskan tahap-
tahap Perjanjian
Internasional
Menjabarkan tahapan pembuatan
perjanjian internasional
15 Perwakilan Diplomatik
dan Konsuler
Menganalisis fungsi
Perwakilan Diplomatik
Mengklasifikasi tingkatan
perwakilan diplomatik
16 Perwakilan Diplomatik
dan Konsuler
Menganalisis fungsi
Perwakilan Diplomatik
Menganalisis perbedaan
perwakilan diplomatik dengan
perwakilan konsuler
17 Ciri-ciri Sistem
Pemerintahan
presidensial dan
parlementer.
Mengklasifikasi sistem
pemerintahan
presidensial dan
parlementer di berbagai
negara
Dengan diberikan beberapa
pernyataan, peserta didik dapat
menunjukkan klasifikasi dari
pemerintahan parlementer di
negara-negara lain
18 Kelebihan dan
kelemahan sistem
presidensial dan
parlementer dari
berbagai negara
Mendeskripsikan
kelebihan sistem
pemerintahan
parlementer
Menyebutkan kelebihan sistem
pemerintahan parlementer
19
Pelaksanaan sistem
pemerintahan negara
RI
Mengidentifikasi
kelebihan pelaksanaan
sistem pemerintahan
negara RI
Peserta didik dapat menyebutkan
kelebihan pelaksanaan sistem
pemerintahan negara RI
20
Lembaga-lemabaga
negara RI
Menyebutkan tugas,
wewenang lembaga
negara di Indonesia
(pasal-pasal UUD
1945)
Peserta didik dapat menyebutkan
tugas, wewenang lembaga
negara di Indonesia ( pasal-
pasal UUD 1945 )
21
Lembaga-lemabaga
negara RI
Mendeskripsikan
bentuk negara dan
pemerintahan bmenurut
UUD di Negara
Indonesia
Peserta didik dapat
menyebutkan ciri-ciri bentuk
negara atau pemerintahan.
22 Pengaruh Globalissi Mengidentifikasi
pengaruh globalisasi
terhadap bangsa dan
negara Indonesia.
Peserta didik dapat menyikapi
pengaruh globalisasi di berbagai
bidang.
23 Sikap selektif
terhadap pengaruh
globalisasi di
berbagai bidang
Menunjukkan sikap
selektif terhadap
pengaruh globalisasi
Peserta didik dapat
menyebutkan dampak negatif
globalisasi di bidang sosial
budaya dan ekonomi
24 Sikap selektif
terhadap pengaruh
globalisasi di
berbagai bidang
Menunjukkan sikap
selektif terhadap
pengaruh globalisasi
Menyebutkan solusi yang harus
diambil menangani separatisme
di Indonesia sebagai akibat
globalisasi.
25 Pengertian Pers
menurut beberapa
pendapat ahli
Mendeskripsikan
pengertian, fungsi dan
peran serta
perkembangan pers di
Indonesia
Peserta didik dapat menjelaskan
pengertian pers menurut UU
No.40 tahun 1999
26 Fungsi dan peran
pers di Indonesia
Mendeskripsikan
pengertian, fungsi dan
peran serta
perkembangan pers di
Indonesia
Peserta didik dapat menyebutkan
fungsi pers.
27 Perkembangan pers
pada masa belanda,
jepang, orla, orba dan
reformasi
Mendeskripsikan
pengertian, fungsi dan
peran serta
perkembangan pers di
Indonesia
Peserta didik dapat menjelaskan
perkembangan pers.
28 Kode etik jurnalistik Menganalisis pers yang
bebas dan bertanggung
jawab sesuai kode etik
jurnalistik dalam
masyarakat demokratis
Indonesia
Peserta didik dapat
mengidentifikasi kode etik
jurnalistik wartawan Indonesia.
29 Pengertian kebebasan
pers dalam
masyarakat
demokratis
Menganalisis pers yang
bebas dan bertanggung
jawab sesuai kode etik
jurnalistik dalam
masyarakat demokratis
Indonesia
Peserta didik dapat menganalisis
kebebasan pers dalam
masyarakat demokratis
Indonesia.
30 Dampak-dampak
penyalahgunaan pers
dan contoh-
contohnya
Mengevaluasi
kebebasan pers dan
dampak
penyalahgunaan
kebebasan media
massa dalam
masyarakat demokratis
di Indonesia
Peserta didik dapat menunjukkan
akibat penyalahgunaan
kebebasan pers.
31 Dampak-dampak
penyalahgunaan pers
dan contoh-
contohnya
Mengevaluasi
kebebasan pers dan
dampak
penyalahgunaan
kebebasan media
massa dalam
masyarakat demokratis
di Indonesia
Dengan diberikan contoh kasus,
peserta didik dapat menjelaskan
dampak penyalahgunaan
kebebasan media massa dalam
mayarakat demokratis di
Indonesia.
32 Nilai dan Norma Mengidentifikasi nilai
dan norma
Peserta didik dapat
mendeskripsikan makna nilai
bagi kehidupan manusia.
33 Hubungan dasar
negara dengan
konstitusi
Menjelaskan hubungan
dasar negara dengan
konstitusi
Peserta didik dapat menjelaskan
hubungan dasar negara dengan
konstitusi.
34 Hubungan dasar
negara dengan
konstitusi
Menganalisis
perubahan konstitusi
bagi sebuah negara
Peserta didik dapat menjelaskan
perubahan konstitusi.
35 Pengamalan
Konstitusi
Mendeskripsikan
pengamalan konstitusi
Peserta didik dapat menunjukan
contoh / pengamalan sikap
positif terhadap konstitusi di
Indonesia.
36 Pengertian dan ciri-
ciri ideologi terbuka
Mendeskripsikan
Pancasila sebagai
Ideologi terbuka
Siswa dapat menjelaskan
Pancasila sebagai Ideologi
terbuka
37 Ideologi terbuka Menganalisis dimensi
Pancasila sebagai
Ideologi terbuka
Peserta didik dapat menjelaskan
dimensi Pancasila sebagai
Ideologi terbuka
38 Pancasila sebagai
paradigma
pembangunan
Menampilkan sikap
positif terhadap
pancasila sebagai
Ideologi terbuka
Siswa dapat menyebutkan
contoh sikap positif terhadap
Pancasila sebagai Ideologi
terbuka untuk mengantisipasi
paradigma reformasi
39 Butir-butir Pancasila Menampilkan sikap
positif terhadap
pancasila sebagai
Ideologi terbuka
Siswa dapat menyebutkan
contoh sikap positif berdasarkan
sila-sila Pancasila
40 Penegakan HAM dan
implikasinya Menganalisis
penegakan HAM di
indonesia
Dengan diberikan pengertian hak
asasi manusia peserta didik
dapat menyebutkan macam-
macam hak asasi manusia
menurut sifatnya.
41 Pelanggaran HAM
Internasional
Menunjukkan bentuk-
bentuk pelanggaran
HAM internasional
Dengan memberikan arti
pelanggaran HAM berat peserta
didik dapat menyebutkan
tindakan kejahatan yang
termasuk pelanggaran HAM
berat.
42 Konsekwensi
pelanggaran HAM
oleh suatu negara.
Menguraikan proses
dalam upaya pemajuan,
penghormatan dan
penegakan HAM
Dengan pemberian akibat
pelanggaran HAM di suatu
negara peserta didik dapat
menyebutkan konsekuensi suatu
negara yang tidak menegakan
HAM di negaranya.
43 Instrumen atau dasar
hukum yang
mengatur HAM
Menyebutkan macam-
macam instrumen
HAM.
Dengan perlindungan HAM
dimuat dalam hukum peserta
didik dapat menyebutkan
instrumen yang mengandung
unsur perlindungan dan
penegakan HAM.
44 Penggolongan hukum Mendeskripsikan
macam-macam
penggolongan hukum
Diberikan penggolongan hukum,
peserta didik dapat
menyebutkan macam-macam
penggolongan hukum.
45 Fungsi hukum Menjelaskan fungsi
hukum di Indonesia
Diberikan fungsi-fungsi hukum,
peserta didik dapat menjelaskan
fungsi perlindungan sebagai
salah satu fungsi hukum.
46 Tingkatan lembaga
peradilan
Mengemukakan
tingkat-tingkat lembaga
peradilan
Dengan diberikan bagan badan
peradilan di Indonesia, peserta
didik dapat melengkapi bagan
badan peradilan di bawah MA.
47 Sikap dan perilaku
taat hukum
Menerapkan sikap dan
perilaku yang sesuai
dengan ketentuan
hukum di lingkungan
sekolah dan
masyarakat.
Diberikan manfaat perilaku
sadar hukum, siswa dapat
menyebutkan sikap dan
perbuatan yang sesuai dengan
hukum.
48 Sumber-sumber
Hukum Internasional
Mendeskripsikan sistem
hukum dan peradilan
internasional
Mengidentifikasi sumber hukum
formal hukum Internasional
49 Sengketa
internasional
Menjelaskan penyebab
timbulnya sengketa
internasional dan cara
penyelesaian oleh
Mahkamah
Internasional
Menyebutkan contoh sengketa
internasional
50 Keterbukaan dan
keadilan
Mendeskripsikan
pentingnya keterbukaan
dan keadilan dalam
kehidupan berbangsa
dan bernegara
Peserta didik dapat menjelaskan
makna atau pentingnya
keterbukaan dan keadilan dalam
kehidupan berbangsa dan
bernegara
yakin gk tuh bakal keluar???????????????
ReplyDeletekok banyak bgt :'v
ReplyDeletetapi makasih min :D
Yo..doita ~ btw ariagtou gozaimasu buat kunjungannya..maaf kalau kisi-kisinya ga sama :v
Deletekisi-kisi daerah (kota) mana?
ReplyDeleteBandung bray~ makasih buat kunjungannya
Delete